Belanda Kembali Bertempur Melawan Jepang

Kejadian yang akan terjadi besok pasti mengingatkan kita pada, peristiwa 68 tahun yang lalu. Tanggal 19 Juni 2010 Belanda akan kembali bertempur melawan Jepang. Kejadian itu sama seperti yang terjadi pada Tahun 1942, di mana Belanda harus berhadapan dengan Jepang, bertempur untuk mempertahankan negara jajahannya Hindia Belanda, saat ini Belanda pun harus berhadapan dengan Jepang, tujuannya bukan untuk mempertahankan sesuatu, tetapi sama-sama ingin merebut Piala Dunia FIFA 2010.

Kejadian 1942 merupakan pertama kali Jepang mulai menginvasi Hindia Belanda, dengan mengadakan serangan udara terhadap Ambon, sehingga berhasil merebut Tarakan pada 11 Januari 1942. Tindakan Jepang tersebut membuat kalap Van Mook, sehingga membuatnya menuju Amerika Serikat untuk meminta tambahan pasukan Sekutu, dan memohon agar Hindia Belanda tidak dilupakan oleh pertahanan Sekutu. Meskipun mendapatkan bantuan dari Amerika Serikat, Jepang tetap mampu merebut Balikpapan.

Pada tanggal 3 Februari 1942 Jepang mulai berusaha merebut Jawa, dengan menjatuhkan bon di Surabaya, Jepang melanjutkan usahanya dengan mengebom Malang dan Batavia. Sementara konsentrasi Belanda dan Sekutu mempertahankan Jawa, Jepang berhasil mendaratkan pasukannya dan merebut Palembang pada tanggal 13 Februari 1942. Dengan jatuhnya Palembang ke tangan Jepang, Van Mook membujuk Sekutu untuk melakukan serangan, pada saat ia berada di Australia. Akan tetapi, Jepang malah berhasil merebut Bali.

Keadaan semakin kacau bagi Hindia Belanda, Tanggal 28 Februari 1942 Jepang sukses mendaratkan pasukannya serempak di tiga tempat yang berbeda di pulau Jawa. Pertama berhasil mendarat di Merak, Banten, Kedua Jepang berhasil mendarat di Eretan Wetan dekat Indramayu, Ketiga Jepang mendarat di Kragan. Setelah pendaratan tersebut Jepang berhasil merebut Pangkalan Udara Kalijati, dengan berhasilnya Jepang memasuki Jawa, Jepang memberikan ultimatum kepada Belanda untuk segera menyerah, apabila tidak ditanggapi, maka Jepang akan menghancurkan Belanda.

Tepat pada tanggal 9 Maret 1942, Belanda yang diwakili oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Jonkheer Tjarda van Starkenborgh Stachouwer dan Panglima Tertinggi Tentara Hindia Belanda Letnan Jenderal Hein ter Poorten datang ke Kalijati untuk melakukan perundingan dengan Jepang yang diwakili oleh Letnan Jenderal Imamura. Di Kalijati ini Jepang langsung meminta Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang, Letnan Jenderal Hein ter Poorten atas nama Gubernur Jenderal Hindia Belanda menandatangani pernyataan penyerahan tanpa syarat Belanda, dengan demikian secara de facto dan de jure Hindia Belanda dibawah kekuasaan dan administrasi Jepang.

Pertempuran 68 tahun silam dimenangkan Jepang secara telak, bagaimana dengan sekarang, tentu saja akan berbeda. Belanda saat ini diperkuat oleh pemain-pemain kelas dunia yang bermain untuk klub-klub besar di Eropa, seperti, Wesley Sneijder, Rafael Van Der Vaart, Dirk Kuyt, Robin Van Persie, Arjen Robben, dan Klaas Jan Huntelaar. Jepang pun tidak kalah hebat dengan pemain yang matang di J-league.

5 tanggapan untuk “Belanda Kembali Bertempur Melawan Jepang

  1. I’m having a real problem with this. When I first set up my blogs I had to opt for the permalink structure ‘post ID’. I want to change this, or ideally have the capability to pick permalinks for a post with out modifying all of the previous url’s of my posts, which is what occurs when I modify the site wide permalinks. Unfortunately, since I have post ID as my permalink structure, altering the page slug makes no difference to the post url. I know I can alter the site permalinks after which do 301 redirects, but these are quite established domains with loads of the posts indexed, I Really don’t want to risk losing their index, or ranking?! Cheers

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s