Ikan Dalam Air Milik Bambang Hidayat

Setelah menulis Masa Kelam Selama Penjajahan Jepang, saya mendapatkan email dari seorang yang awalnya saya tidak mengenalnya, tapi ternyata sering saya kirimi email tulisan-stulisan sejarah, ya beliau Bambang Hidayat, emailnya menanyakan kenapa tanggapannya direject oleh multiply. Setelah saya mencari nama Bambang Hidayat yang tinggal di Bandung melaui mbah google, wah saya jadi terkaget-kaget beliau Guru Besar dari ITB dalam bidang astronomi, wih jadi merasa tersanjung.

Selain seorang astronom, beliau ternyata juga penulis sejarah, salah satu tulisan Pak Bambang Hidayat berjudul “Ikan Dalam Air”, tulisan ini beliau lampirkan dalam emailnya kepada saya, ceritanya mengulas sekitar perjuangan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1948 setelah Perjanjian Renville.

Ulasan dalam “Ikan Dalam Air” tidak hanya mengulas, perjuangan Indonesia menjadi negara berdaulat dari sisi Indonesianya saja, akan tetapi mengulas seluruh baik dari sisi Republik Indonesia, atau pun dari sisi Pemerintah Belanda, yang menarik dari tulisan ini, pertentangan antara Van Mook dengan Kabinet Belanda dengan Perdana Menteri Beel, sehingga menimbulkan dua sisi yang berbeda yaitu pihak yang merasa sebagai orang Belanda dengan pihak yang merasa sebagai orang Hindia Belanda.

Dari tulisan ini sangat kentara kegigihan Pemerintah Republik untuk mencapai suatu negara yang bebas dan berdaulat, diantaranya usaha Bung Karno mengajak anggota Delegasi Komisi Jasa Baik PBB Court Du Bois, untuk melihat keindahan dataran tinggi Dieng, hal itu menunjukan kedekatan pemimpin dengan rakyatnya. Serta penolakan oleh Bung Hatta atas tawaran yang diajukan oleh Belanda untuk membantu menumpas gerakan PKI di Madiun.

Semua cerita itu bisa dibaca di artikle yang ditulis oleh Bambang Hidayat dan diterbitkan di Majalah Historia.

4 tanggapan untuk “Ikan Dalam Air Milik Bambang Hidayat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s