Soekarno berani mengecam Inggris dan mendapat dukungan dari India

Soekarno menuduh Inggris yang membantu Belanda

Dr Soekarno, Presiden Pemerintah Indonesia yang tidak diakui, dalam sebuah surat kepada Jenderal Sir Philip Chirtison, telah memperingatkan Inggris bahwa jika mereka melanjutkan “kebijakan dihitung untuk memaksakan kembali kekuasaan Belanda atas Indonesia” hasil akhir akan menjadi “membasahi di Indonesia mandi darah “.

“Sikap Anda jauh dari netral” kata Soekarno. “Ini jelas pro Belanda. Anda tidak bisa menghindari tanggung jawab untuk perang dengan pisau yang harus mau tidak mau dimulai lagi antara Indonesia dan Belanda. Anda sedang membuat semacam bentrokan dimungkinkan oleh arahan, melindungi, dan memelihara akhirnya Belanda karena tindakan melawan kita” .

Soekarno lebih lanjut menuduh Inggris dengan perencanaan untuk menginstal Belanda berkuasa, meskipun sebagai salah satu dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, “Belanda hanya memiliki wewenang untuk memberi pertolongan interniran dan mengumpulkan dan menyita Jepang di Indonesia.

Sebuah peringatan juga diberikan bahwa “ini adalah di luar kekuasaan Republik untuk memastikan keselamatan dari 250.000 penduduk Belanda dan Eurasia di Indonesia. Pertumpahan darah yg tiada akhirnya lebih lanjut akan tercipta jika pasukan Belanda mendarat.

Sementara itu pertempuran telah berhenti di Semarang, kota ketiga Jawa. Gurkha berada dalam kendali penuh kemarin, meskipun pedesaan pegunungan di luar kota masih berada di tangan Nasionalis. Pasukan Jepang harus ditarik sepenuhnya dari kota.

Dari India Reuter melaporkan bahwa dukungan untuk orang Indonesia telah dicanangkan oleh Mr Nehru, Pemimpin Kongres India, dan Mr Jinnah, presiden dari All-India Muslim League.

The Glasgow Herald

Tuesday, October 23, 1945

City Edition

2 tanggapan untuk “Soekarno berani mengecam Inggris dan mendapat dukungan dari India

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s