Soekarno Menawarkan Belanda Untuk Berinvestasi Ke Indonesia

Pasukan India Menduduki Laut Jawa
Indonesia mengungkapkan dasar untuk pembicaraan.
oleh Indonesia

Batavia, Jawa, Oct 25 – (AP) – Amir Syarifuddin, menteri informasi dalam pemerintahan Soekarno, formula diumumkan malam ini di mana Indonesia akan membuka perundingan informal dengan Belanda dalam upaya untuk membawa penyelesaian damai di Hindia Belanda.

Menteri informasi menyatakan perundingan akan diselenggarakan di hadapan pihak ketiga mungkin wakil dari Amerika Serikat, dan bahwa “hak penentuan nasib sendiri dari bangsa Indonesia diakui.”

Syarifuddin adalah salah satu moderat yang menonjol dalam gerakan Nasionalis asli.

Brigade India Inggris  ke 49 menduduki Surabaya, pangkalan angkatan laut Jawa, tanpa oposisi hari ini.

Situasi Cerah

Situasi politik cukup cerah sebagai HJ van Mook, pejabat Gubernur, mengundang Soekarno kabinet untuk bertemu dengan dia.

(Aneta, kantor berita Belanda, dilaporkan dalam pengiriman dari Amsterdam bahwa 11 surat kabar telah membahas banding Amerika kepada pemerintah untuk menghapus ketegangan antara Belanda dan Indonesia melalui cara demokratis dan tanpa menggunakan kekerasan.)

Aneta melaporkan “Kekacauan dan kuburan” situasi di Surabaya, pangkalan angkatan laut Jawa, Namun, di mana pasukan Sekutu mendarat hari ini. Unit Sekutu terlibat dalam pemulihan tawanan perang Sekutu dan interniran yang dikatakan telah dilemparkan ke penjara oleh Nasionalis ekstremis.

“Tujuh belas orang Eropa dan Eurasia telah meninggal sebagai akibat dari pemukulan yang mereka terima di penjara,” kata Aneta. Ada perkelahian jalanan setiap hari.

Banding AS

Presiden Soekarno dari “Republik Indonesia” naik banding ke Amerika Serikat dalam siaran semalam untuk bertindak sebagai mediator dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Soekarno berbicara di Malabar stasiun penyiaran atas kontrol Inggris  di Bandung. Ia menggunakan stasiun tidak segera menjelaskan. Ketika pertama pasukan Inggris mengambil alih Bandoeng Namun, mereka menghentikan Nasionalis dari menggunakan stasiun dan beberapa pengamat menafsirkan pencabutan larangan sebagai indikasi perubahan penting dalam kebijakan Inggris.

Soekarno mengatakan kemarin “tidak ada kekuatan di bumi” yang bisa menghentikan gerakan kemerdekaan Indonesia, namun menambahkan.

“kita tidak ‘mau membuang Belanda ke laut. Mereka dapat mempertahankan kepemilikan keuangan mereka di sini. hal ini dapat diatur oleh sebuah perjanjian dengan Belanda.

Otawa Citizen

The Evening Citizen

Rabu, Oktober 25, 1945

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s