Pribumi Hindia Belanda meminta Kemerdekaan

Batavia, Jawa, Okt, 1 – (Tertunda) – (AP) – Presiden Soekarno dari “Republik Indonesia”, yang mengklaim dukungan dari 63.000.000 penduduk pribumi di Hindia Belanda, mengatakan hari ini ia akan berunding dengan wakil-wakil Sekutu tetapi tidak dengan Belanda.

“Kami tidak menghendaki Belanda kembali berkuasa dan kami tidak akan berunding dengan Belanda,” Soekarno memaki jubah putih mengatakan dalam sebuah wawancara. ‘Kami pemerintahan republik yang memerintah negeri ini. ”

“Kami akan menarik kekuatan-kekuatan besar untuk kemerdekaan. Kita ingin setidaknya posisi yang sama seperti Filipina, dengan peralatan teknis dan bantuan dari Sekutu.”

Wakil Presiden Mohammad Hatta dari republik menambahkan:
“Kami sudah tiga setengah abad penjajahan Belanda dan tiga setengah tahun imperialisme Jepang. Itu cukup.”

Pasukan pendudukan Britania telah berusaha untuk mendapatkan pemimpin kemerdekaan dan pejabat Belanda bersama-sama untuk konferensi. Siaran Kantor Berita Belanda dari tanah air mengatakan pemerintah tidak akan berurusan dengan Soekarno. Tapi Charles O Van Der Plas, juru bicara Belanda di sini, mengatakan ia telah mengundang Soekarno, Mohammad Hatta, dan para pemimpin pribumi lain untuk berbicara dengan dia. Soekarno mengatakan dia tidak menerima undangan tersebut dan tidak mau menerimanya.

“Van der Plas di sini untuk kepentingan penjajahan Belanda,” katanya, “Bagaimana kita bisa membicarakan masalah kita dengan dia?”

Ia menolak proposal Belanda untuk dewan rakyat. Dia mengatakan 70.000.000 penduduk Indonesia harus memiliki perwakilan lebih besar daripada yang diusulkan tiga-perlima dari dewan dibandingkan dengan dua-perlima untuk 200.000 orang Belanda dan Eurasia.

Soekarno membela serangkaian pembicaraan radio anti-Amerika dan anti-Inggris pada masa perang dengan mengatakan bahwa dia membuat mereka “untuk memperoleh konsesi dari Jepang dan meminimalkan beban pada negara kita.”

Rabu, Oktober 3, 1945
ST. Petersburg Times
Halaman empat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s